Petualangan Rasa Sehat: Memulai MPASI dengan Ikan Segar yang Penuh Gizi

Petualangan Rasa Sehat: Memulai MPASI dengan Ikan Segar yang Penuh Gizi

Gambar 1. Foto Produk MPASI Berbahan Dasar Olahan Ikan

 

Desa Demangan, Klaten (03/08/2023) - Alya Chandra Karenita, anggota dari Tim II KKN UNDIP 2022/2023 jurusan Teknologi Hasil Perikanan telah melaksanakan program monodisiplin mengenai pelatihan pembuatan MPASI menggunakan Ikan Nila Merah “Bubur Ikan Jagung” pada Ibu – Ibu Posyandu Dukuh Demangan Tengah, Desa Demangan. Program Kerja tersebut dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2023 bertempat di salah satu rumah warga setempat, pada pukul 08.00 – 10.00 WIB.

Ikan merupakan sumber yang kaya nutrisi seperti omega – 3, protein, vitamin, zat besi dan mineral yang baik untuk perkembangan otak, sistem syaraf dan penglihatan anak. Konsumsi ikan sejak dini pada anak sangat dianjurkan untuk memenuhi gizi bayi. Salah satu ikan yang mudah kita jumpai dan memiliki harga terjangkau adalah ikan nila merah. Ikan nila merah sering kita lihat di pasar dan supermarket lainnya. Ikan ini dapat dijadikan sebagai inovasi dalam pembuatan makanan pendamping ASI untuk anak. Hal ini karena ikan nila merah mengandung banyak nutrisi seperti omega 3, DHA dan EPA yang membantu kebutuhan perkembangan otak anak. Kandungan omega 3 ikan nila merah adalah 0,407 gram. Ikan nila merah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu sebesar 26 gram.

Gambar 2. Mahasiswa KKN Undip sedang Melakukan Pemaparan Materi

Program ini memberikan informasi komposisi ikan nila merah dan cara pembuatan ikan nila merah dalam MPASI bubur ikan jagung. Bubur ikan jagung dipilih sebagai salah satu inovasi resep MPASI karena mudah dalam pembuatannya dan dapat dijadikan sebagai menu utama MPASI. Ibu – Ibu PKK Dukuh Demangan Lor RW 02 Desa Demangan menunjukkan semangat dan antusias mengikuti kegiatan pengolahan ikan nila merah MPASI dengan aktif bertanya selama kegiatan berlangsung. Di akhir acara, dibagikan produk MPASI ikan nila merah serta brosur resep bubur ikan jagung dari ikan nila merah. Diharapkan para ibu dapat mempraktekkan kembali di rumah sebagai makanan pendamping asi pada anak.

 

Penulis             : Alya Chandra Karenita (Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)

DPL : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.

Lokasi KKN : Desa Demangan, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0